Label

Minggu, 07 November 2010

Catatan Pengajian Tahfidz Sabtu 6 November 2010

Pengajian dihadiri oleh 8-9 orang ini diawali dengan setoran hafalan dari jamaah. Ada yang menyetor hafalan An Naba, Abasa, bagian awal Al Baqoroh, Al Ghosyiyah, An Naziat, Al Muthoffifin dan lain-lain sambil membetulkan bacaan. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi beragam topik. Berikut ini beberapa poin diskusi.
1. Ada yang bisa menghafal dengan hanya 7 kali membaca ulang dan sering mendengarkan murattal.
2. Mengulang-ulang bacaan sebanyak beulang-ulang sampai 70 kali, Insya Allah akan dapat membuat kita hafal secara tepat. Kesalahan bacaan akan sangat kurang dibandingkan dengan menghafal dengan mengingat-ingat.
3. Diusahakan menghafal dengan menggunakan Al Quran mushaf yang memiliki akhir di pojok halaman untuk memudahkan hafalan. Dianjurkan untuk membaca berulang-ulang per halaman.
4. Beberapa pola dalam Al Quran bisa kita pelajari untuk mempermudah hafalan. Seperti ....bi-hii, hii selalu dibaca dua harokat.
5. Sholat syuruq, adalah sholat dhuha di awal waktu. batas waktu sekitar 30 menit setelah fajar dilaksanakan dalam rangkaian sholat subuh berjamaan dilanjutkan zikir (dalam pengertian luas)  dan diakhiri sholat syuruq.
6. Sholat Duha di Indonesia berbatas akhir sekitar jam 11 siang.

(ak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar