Label

Senin, 29 November 2010

Resume Pengajian Ahad malam 27 November 2010

Kajian Hadits oleh Ustadz Abdullah Obet

Nabi Muhammad adalah penutup Nabi dan Rosul, sunnahnya harus kita pelajari sebagai acuan, salah satunya acuan untuk memahami Al Quran.
Ilmu Musthalah al Hadits adalah kajian untuk memahami status sebuah hadits. Pada kajian ini akan merujuk pada buku Mushtalah al Hadits Tafsir Musthalah Hadits DR Mahmud At Thahhan terjemah: Abu Fuad. Bogor: Pustaka Tariqul Izzah 2005.

“Allah mencerahkan wajah seseorang yang mendengar dari kami sesuatu (berita, yaitu hadits), lalu ia menyampaikan berita itu sebagaimana yang ia dengar. Dan mungkin saja orang yang menerima berita itu lebih paham dari orang yang mendengarnya.” (HR. At-Tirmidzi). 

Perkembangan awal ilmu musthalah hadits bermula sejak peristiwa Fitna. Sejak itu setiap hadits dilakukan penelusuran mengenai siapa yang menyampaikan. Terus berkembang dan buku awal menganai hadits  Qadli Abu Muhammad Hasan bin Abdurrahman bin Khalad Ar-Ramahurmuzi (wafat 360 H.), yaitu kitab Al-Muhaddits Al-Fashil Baina Ar-Rawi wa Al-Wa’i.

Kitab hadits Shahih yang sering menjadi rujukan adalah Shahih Bukhari, Shahih Muslim. Apabila Shahih Bukhari menuliskan hadits tanpa ada penggolongan, maka Shahih Muslim sudah menggunakan penggolongan hadits.

(ak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar